Serunya Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul | Akses Lokasi & Tips

Posted on

Cave Tubing Kalisuci merupakan salah satu kegiatan yang mana kita akan menyusuri sebuah goa kalisuci. Selain itu tempat ini juga menawarkan kegiatan Raffting. Untuk kamu yang belum tahu muara sungai Kalisuci ini berada di Pantai Baron yang mana jika kalian berkunjung ke pantai baron terdapat sungai kecil.

Jadi aliran sungai itulah yang berhulu di Kalisuci yang mana airnya sangat menyegarkan dan seperti namanya yaitu masih bersih dan jernih. Suasana di dalam Goa sendiri sangat gelap dan tidak diberi penerangan demi menjaga ekosistem yang ada. 

Susur Goa ( Cave Tubing ) dan juga Susur Sungai ( Rafting ) yang ada di Kalisuci ini adalah yang pertama di Indonesia. Jadi cave tubing di Kalisuci adalah yang pertama dan lebih dulu dibandingkan dengan Goa Pindul.

Lokasi dari Goa Kalisuci sendiri berada di Jetis, Jonge, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Cave Tubing Kalisuci
Posse Wajib, photo IG @rudi_setyawan

Serunya Cave Tubing Kalisuci Yogyakarta

Kegiatan susur goa merupakan agenda wajib ketika berkunjung ke tempat ini. Kegiatan susur goa di sini sangatlah mengasyikkan di tambah dengan arum jeram ( raffting ) di dalam sungai bawah tanah kalisuci

Sesaat tiba di basecamp dan jika kamu ingin mencoba raffting kamu akan dibekali dengan perlengkapan dan pengarahan oleh pemandu wisata. Setelah semua perlengkapan seperti jaket pelampung, headlamp, helm, pengaman lutut dan pengaman kaki sudah siap para pemandu akan membawa anda menuju tempat dimulainya raffting.

Perjalanan menuju pintu goa dimulai dan dibutuhkan waktu sekitar waktu 10 menit. Diperjalanan anda akan disuguhkan pemandangan kebun jati menuju tempat dimana dimulainya raffting. 

Baca Juga : Goa Pindul Gunungkidul

Raffting di Goa Kalisuci di Mulai

Jika kamu belum pernah melakukan cave tubing maupun raffting tidak perlu kuatir dikarenakan akan dipandu oleh para petugas yang sudah berpengalaman tentunya.  Selain itu aliran sungai bawah tanah ini terbilang cukup aman dan tidak begitu deras sehingga untuk pemula sekalipun sangat cocok.

Setelah semua perlengkapan di pakai anda akan menaiki ban karet dan hanyut mengikuti aliran sungai bawah tanah. Untuk perjalanan raffting sendiri memakan waktu sekitar 2 jam sehingga anda dengan puas menikmati pemandangan di dalam gua.

Di dalam Goa suasananya sangat gelap seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Hal ini untuk tetap menjaga ekosistem yang ada agar tidak punah. Selama di dalam goa para pengunjung bisa menikmati pemandangan di dalam goa dengan berbagai relief yang begitu indah dan mempesona.

Serunya Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul | Akses Lokasi & Tips 1
photo IG @rudi_setyawan

Akses menuju Lokasi

Untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata ini dari Kota Yogyakarta bisa menuju Jalan Wonosari dan dilanjutkan ke Bukit Bintang. Lalu teruskan menuju Wonosari dan arahkan kendaraan ke Kecamatan Semanu tepatnya di Desa Pacarejo dan dilanjutkan menuju ke lokasi tempat wisata. Jika masih bingung bisa menggunakan bantuan Googgle Maps agar mempermudah perjalanan kamu.

Berapa Tarif Cave Tubing Kalisuci ?

Jika kamu penasaran dan pengen mencoba raftting untuk tarif raffting kalisuci adalah Rp75.000/orang. Dan ini sudah termasuk peralatan dan perlengkapan yang ada.  Sedangkan untuk tiket masuk kalisuci sendiri Rp5.000/orang. 

Tips Raffting di Kalisuci Gunung Kidul

Seperti yang kita tahu bahwa sungai ini berada di bawah tanah sehingga saat hujan turun kegiatan cave tubing dan raffting tidak akan diadakan. Sehingga perhatikan saat ingin berkunjung ke tempat ini pastikan cuaca benar-benar mendukung untuk kegiatan raffting.

Galeri Foto

Serunya Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul | Akses Lokasi & Tips 2
photo IG @iinfafika

Serunya Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul | Akses Lokasi & Tips 3

Serunya Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul | Akses Lokasi & Tips 4
photo IG @kalisucicavetubing

No ratings yet.

Berapa Bintang Untuk Tempat Wisata Ini !

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of