7 Makanan Khas Gunungkidul Yang Harus Dicicipi

Rate this post

Makanan Khas Gunungkidul – Daerah ini memang terkenal akan tempat wisata pantai namun jangan salah selain pantai Gunungkidul ada makanan khas yang bisa anda coba cicipi jika sedang berkunjung ke sana. Bahkan makanan yang terbilang ektrimpun ada di Gunungkidul.

Berikut 7 Makanan Khas Gunungkidul yang Harus Dicicipi :

1. Tiwul Gunungkidul

Photo IG @melyratnasari

Kita semua tahu bahwa salah satu kabupaten di Yogyakarta ini terkenal akan makanan khasnya yaitu Tiwul. Tiwul khas Gunungkidul ini terbuat dari tepung gaplek yang sudah di keringkan. Tiwul ini juga menjadi salah satu makanan pokok bagi masyarakat Gunungkidul. Rasa tiwul ini ada yang manis dan gurih jadi jangan lupa untuk membeli oleh-oleh tiwul jika sedang berkunjung ke tempat wisata di Gunungkidul

2. Seafood Khas Pantai

Makanan Khas Gunungkidul, Photo IG @voila

Menu seafood lebih banyak kita temui jika kita sedang berkunjung ke Pantai Gunungkidul. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas seafood yang dijajakan di pinggir pantai. Banyak jenis seafood seperti Kerang, Kepiting, Udang, dan ikan laut.

3. Gatot Gunungkidul

Photo IG @hennykusumaastuti

Makanan khas Gunungkidul yang satu ini terbuat dari singkong yang di keringkan juga. Gatot ini ada campurannya parutan kelapa yang di tambahi dengan sedikit garam dan gula. Jadi pembuatannya berbeda yaa dengan tiwul walaupun bahannya sama.

Cara pembuatan Gatot ini adalah singkong yang sudah kering di rendam kurang lebih 12 jam. Setelah itu dicuci hingga bersih  dan di potong kecil-kecil kemudian di kukus.

4. Jangan Lombok

Photo IG @nisaulfa_

Jangan lombok ini sering di konsumsi oleh masyarakat Gunungkidul. Jangan lombok ini adalah masakah sayur berkuah santan dan di campur dengan lombok ijo dan juga tempe kedelai. Cobalah rasakan Jangan Lombok ini jika sedang berkunjung ke Gunungkidul dijamin rasanya pasti berbeda.

5. Walang Goreng

Photo IG @voilajogja

Walang Goreng atau Belalang Goreng ini juga termasuk salah satu menu makanan ektrim di Gunungkidul. Sekarang ini banyak sekali orang yang menjajakan belalang goreng di pinggir jalan. Kalian bisa mencicipinya namun jika kalian tidak kuat memakan walang goreng ini maka tubuh anda akan merasakan gatal-gatal.

6. Oseng Daun Pepaya

Photo IG @windadapurjojo

Jika sedang berkunjung ke Gunungkidul jangan lupa untuk mencicipi oseng daun pepaya. makanan ini menjadi salah satu kuliner khas Gunungkidul. Oseng daun pepaya ini bisa di tambahkan dengan cabe sesuai selera.

7. Sego Abang

Photo IG @kholid.azizi

Sego Abang ini adalah makanan khas Gunungkidul yang sangat bergizi. Bahan dasarnya adalah beras merah yang memiliki protein lebih tinggi di bandingkan dengan beras putih yang lebih banyak kandungan karbohidratnya.

Itulah tadi makanan khas Gunungkidul yang bisa anda coba cicipi jika anda sedang berkunjung ke tempat wisata Gunungkidul.

 

 

Comments

comments